• +(0321) 865446
  • www.stikesicme-jbg.ac.id

Kerangka Konsep

1. Falsafah Keperawatan
Bahwa manusia dan kemanusiaan merupakan titik sentral setiap upaya pelayanan kesehatan dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan sesuai Pancasila dan Undang-Undang Dasar. Bertolak dari pandangan ini keperawatan meyakini paradigma dengan empat konsep dasar yaitu manusia, lingkungan, sehat dan keperawatan.
2. Keperawatan Sebagai Profesi.
Keperawatan adalah suatu profesi yang mengabdi kepada manusia dan kemanusiaan, mendahulukan kepentingan kesehatan dari masyarakat diatas kepentingannya sendiri, suatu bentuk pelayanan/ asuhan yang bersifat humanistik, menggunakan pendekatan holistik, dilaksanakan berdasarkan ilmu dan kiat keperawatn, serta menggunakan kode etik keperawatan sebagai tuntunan utama dalam melaksanakan pelayanan/ asuhan keperawatan.
3. Keperawatan sebagai Pelayanan Profesional.
Berdasarkan sifat dan hakikat pelayanan/ asuhan keperawatan yaitu menuju tercapainya kemandirian klien dalam memenuhi kebutuhan dasarnya secara optimal, menyebabkan keperawatan dalam melaksanakan pelayanan keperawatan kepada masyarakat terdapat pada seluruh tatanan pelayanan kesehatan. Pelayanan/ asuhan keperawatan meliputi seluruh kehidupan manusia bersifat berkelanjutan sepanjang klien membutuhkan bahkan sampai saat klien menjelang akhir hayat.
4. Praktik Keperawatan.
Kelompok kerja keperawatan konsorsiom Ilmu Kesehatan (1992) menguraikan pengertian Praktik Keperawatan sebagai berikut: Praktik keperawatan adalah tindakan mandiri perawat profesional melalui kerjasama bersifat kolaboratif dengan klien dan tenaga kesehatan lainnya dalam memberikan asuhan keperawatan sesuai lingkup wewenang dan tanggung jawabnya.