//lurgaimt.net/4/5051180 5 CARA MUDAH MENJAGA KESEHATAN MENTAL | STIKes Insan Cendekia Medika Jombang
Select Page
5 CARA MUDAH MENJAGA KESEHATAN MENTAL
  December 01, 2021
  Berita

Dengan segala tuntuntan dan tekanan di dalam hidup seperti saat ini dapat membuat siapa saja mengalami stress hingga berdampak pada kesehatan psikis atau mental. Di saat mental sudah terganggu, maka dapat dipastikan hampir disegala aspek kehidupan kita juga akan ikut terganggu.

Oleh karena itu, menjadi sehat yang seutuhnya itu adalah disaat kita berada dalam keadaan fisik dan mental yang prima. Sehat secara fisik saja belum cukup bila tidak diimbangi dengan sehat mental. Untuk itulah dalam artikel kali ini akan dibahas secara ringkas tentang cara-cara mudah untuk membuat mental menjadi tetap sehata dan kuat.

Faktanya, menjaga kesehatan mental itu tidaklah susah. Banyak cara-cara yang sederhana dan mudah dilakukan namun berdampak besar pada kesehatan mental. Seperti yang disampaikan oleh Idrus Putra, seorang profesional hipnoterapis dengan pengalaman lebih dari 11 tahun yang juga merupakan alumni dari STIKES ICME Jombang jurusan S1 Keperawatan tahun 2011. Untuk menjaga kesehatan mental dapat ditempuh dengan 5 cara yang mudah.

Yang pertama adalah beribadah, karena ketenangan dan kedamaian batin sangat mudah diperoleh saat seseorang beribadah. Dengan catatan selama pikirannya hadir utuh, fokus atau khusyuk pada saat beribadah sedang dilakukan. Jika seseorang tidak mendapatkan kenikmatan, ketenangan dan kedamaian pada saat beribadah maka ada hal yang perlu diperbaiki di dalam dirinya terkait dengan hubungannya dengan Sang Maha Pencipta.

Yang kedua adalah berkata-kata yang positif pada diri sendiri. Hal ini dikenal dengan afirmasi positif atau positive self talk. Hal ini dapat berdampak pada munculnya pikiran dan perasaan yang positif. Karena hadirnya pikiran dan perasaan yang positif berawal dari kata-kata positif yang diucapkan dan ditujukan pada diri sendiri.

Yang ketiga adalah menjalin hubungan pertemanan yang baik. Teman yang baik dapat memberikan support ataupun nasehat-nasehat terbaik disaat kita sedang berada dalam masalah. Hal ini dapat menguatkan dan juga menyehatkan mental kita. Jika terjerumus dalam lingkaran pertemanan yang toxic maka dapat dipastikan membuat kita menjadi pribadi yang buruk dan terpuruk.

Yang keempat adalah istirahat yang cukup. Kebanyakan orang yang kurang beristirahat akan mudah stress. Hal ini dikarenakan keadaan fisik yang lelah memengaruhi cara berpikir. Orang yang berada dalam kedaan fisik yang lelah ataupun letih seringkali tidak dapat berpikir dengan jernih.

Yang terakhir yaitu memakan makanan yang enak. Selain makanan yang bernutrisi dan bergizi, makanan yang enak juga dapat mengubah keadaan mood kita. Itulah sebabnya sesekali melakukan wisata kuliner sangat disarankan untuk menjaga kesehatan mental. Apalagi bila wisata kuliner di tempat yang indah yang membuat mata juga menjadi fresh.

Demikianlah 5 cara mudah menjaga kesehatan mental, semoga dapat menjadi inspirasi bagi Anda untuk mendapatkan kesehatan yang holistik!

Join Us!

Flag Counter

Berita Terbaru