STRUKTUR KURIKULUM INTI PROGRAM STUDI DIV BIDAN PENDIDIK
Kurikulum inti menurut Kepmendiknas No.045/U/2002, merupakan penciri dari kompetensi utama, bersifat dasar untuk mencapai kompetensi lulusan, merupakan acuan baku minimal mutu penyelenggaraan program studi, dan ditetapkan oleh kalangan perguruan tinggi (program studi sejenis) bersama masyarakat profesi dan pengguna lulusan. Jadi Kompetensi utama ini merupakan penciri suatu lulusan program studi tertentu, dan ini bisa disepakati dengan mengambil beban dari keseluruhan beban studi sebesar 40% – 80%.Sementara itu kurikulum institusional didalamnya terumuskan kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya, yang bersifat khusus dan gayut dengan kompetensi utama suatu program studi dan ditetapkan oleh institusi penyelenggara program studi.Kompetensi pendukung dapat bergerak antara 20% – 40% dari keseluruhan beban studi.Sementara itu kompetensi lainnya equivalen dengan beban studi sebesar 0%-30% dari keseluruhan.
Kurikulum Program Sarjana Keperawatan ditetapkan dengan mengacu kepada 80% kurikulum inti, yaitu118 sks dari 144 sks, termasuk 8 sks mata kuliah wajib umum, 2 sks Bahasa Inggris, dan 4 sks skripsi, dengan masa studi 4 tahun (8 semester).
Pengembangan kurikulum institusi dapat disesuaikan dengan visi dan misi institusi yang mencirikan kekhasan dari institusi tersebut dengan memasukkan isu global (misalnya: Ebola, Flu Burung, SARS, Disaster, Perawatan Trauma, Entrepreuner, Bahasa Asing dan lain-lain) dan muatan lokal sesuai dengan keunggulan institusi.
PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI DIPLOMA IV BIDAN PENDIDIK
Profil Lulusan adalah tampilan kinerja yang dapat dilakukan lulusan program studi di masyarakat/dunia kerja sesuai dengan level KKNI. Profil Lulusan Program Studi DIV Bidan Pendidik adalah sebagai :
- Pemberian asuhan kebidanan (care provider)
Seseorang yang mempunyai kemampuan melaksanakan asuhan kebidanan dengan memanfaatkan ipteks dalam praktik kebidanan (midwifery) pada ibu hamil, bersalin, nifas dan menyusui, bayi baru lahir, balita dan keluarga berencana kesehatan reproduksi sesuai hidup perempuan pada kondisi normal, maupun dengan penyulit sesuai dengan kewenangan secara profesional (efektif, aman dan holistik serta bermutu tinggi) berdasarkan standar praktik kebidanan serta mampu beradaptasi dengan berbagai situasi (evidence based) - Penggerak masyarakat (community leader)
Seseorang yang mempunyai kemampuan menggerakkan dan memberdayakan individu, keluarga, kelompok khusus, dan masyarakat melalui upaya preventif, promotif serta kerjasama lintas program dan lintas sektoral untuk meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak dalam kondisi sehat maupun sakit dengan memperhatikan potensi, sosial budaya dan sumber daya lokal yang tersedia. - Komunikator (communicator)
Seseorang yang mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan memanfaatkan iptek tepat guna dalam penyelesaian masalah kesehatan ibu dan anak serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. - Pendidikan (edukator)
Seseorang yang mempunyai kemampuan memberikan pendidikan kesehatan yang terkait dengan kesehatan ibu dan anak, kepada individu, keluarga, kelompok khusus dan masyarakat serta memiliki kemampuan preceptorship dan mentorship. - Pengelola (manager)
Seseorang yang mempunyai kemampuan mengelola layanan kesehatan ibu dan anak pada tatanan pelayanan primer, sekunder dan tersier. - Peneliti (reseacher)
Seseorang yang mempunyai kemampuan meneliti terapan dalam bidang kebidanan
CAPAIAN PEMBELAJARANPROGRAM STUDI DIPLOMA IV BIDAN PENDIDIK
Capaian Pembelajaran merupakan rumusan kriteria minimal tentang kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap dan tata nilai, pengetahuan dan ketrampilan yang telah ditempuh oleh seorang mahasiswa selama menempuh studi tertentu.
Capaian pembelajaran Program Studi DIV Bidan Pendidik adalah sebagai berikut :
- Sikap dan tata nilai
Setiap lulusan Program Studi DIV Bidan Pendidik harus memiliki sikap dan tata nilai sebagai berikut :- Ketaqwaan kepada Tuhan yang maha esa
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia
- Memiliki moral, etika, kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya dan menjunjung tinggi penegakan hukun serta memiliki semangat mendahulukan kepentingan bangsa dan masyarakat luass
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinil orang lain
- Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya
- Pemberian asuhan kebidanan (care provider)
Setiap lulusan Program Studi DIV Bidan Pendidik harus memiliki sikap dan tata nilai sebagai berikut :- Mampu mengaplikasikan asuhan kebidanan dengan memanfaatkan iptek pada ibu hamil pada kondisi normal secara profesional, serta mampu beradaptasi dengan berbagai situasi secara tepat (evidence based) dengan menggunakan manajemen kebidanan pada tatanan pelayanan kesehatan primer, sekunder dan tersier.
- Mampu mengaplikasikan asuhan kebidanan dengan memanfaatkan iptek pada ibu bersalin dan bayi baru lahir pada kondisi normal secara profesional, serta mampu beradaptasi dengan berbagai situasi secara tepat (evidence based) dengan menggunakan manajemen kebidanan pada tatanan pelayanan kesehatan primer, sekunder dan tersier.
- Mampu mengaplikasikan asuhan kebidanan dengan memanfaatkan iptek pada ibu nifas & menyusui pada kondisi normal secara profesional, serta mampu beradaptasi dengan berbagai situasi secara tepat (evidence based) dengan menggunakan manajemen kebidanan pada tatanan pelayanan kesehatan primer, sekunder dan tersier.
- Mampu mengaplikasikan asuhan kebidanan dengan memanfaatkan iptek pada neonatus, bayi dan balita pada kondisi normal secara profesional, serta mampu beradaptasi dengan berbagai situasi secara tepat (evidence based) dengan menggunakan manajemen kebidanan pada tatanan pelayanan kesehatan primer, sekunder dan tersier.
- Mampu mengaplikasikan asuhan kebidanan dengan memanfaatkan iptek pada keluarga berencana & kesehatan reproduksi pada kondisi normal secara profesional, serta mampu beradaptasi dengan berbagai situasi secara tepat (evidence based) dengan menggunakan manajemen kebidanan pada tatanan pelayanan kesehatan primer, sekunder dan tersier.
- Mampu mengaplikasikan asuhan kebidanan dengan memanfaatkan iptek pada ibu hamil, bersalin, nifas & menyusui, bayi baru lahir & balita, keluarga berencana & kesehatan reproduksipada kondisi normal secara profesional dalam kontek keluarga, kelompok dan masyarakat serta mampu beradaptasi dengan berbagai situasi secara tepat (evidence based) dengan menggunakan manajemen kebidanan pada tatanan pelayanan kesehatan primer, sekunder dan tersier.
- Mampu mengaplikasikan asuhan kebidanan dengan memanfaatkan iptek pada ibu hamil, bersalin, nifas & menyusui, bayi baru lahir & balita, keluarga berencana & kesehatan reproduksi dengan penyulit secara profesional, serta mampu beradaptasi dengan berbagai situasi secara tepat (evidence based) dengan menggunakan manajemen kebidanan pada tatanan pelayanan kesehatan primer, sekunder dan tersier
- Penggerak masyarakat (community leader)
Setiap lulusan Program Studi DIV Bidan Pendidik harus memiliki sikap dan tata nilai sebagai berikut :- Mampu mengaplikasikan upaya penggerakan dan pemberdayaan individu, keluarga, kelompok khusus dan masyarakat dengan memanfaatkan iptek, melalui upaya preventif, promotif serta kerjasama lintas program dan lintas sektoral untuk meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak dengan memperhatikan potensi, sosial budaya dan sumber daya lokal yang tersedia
- Komunikator (communicator)
Setiap lulusan Program Studi DIV Bidan Pendidik harus memiliki sikap dan tata nilai sebagai berikut :- Mampu mengaplikasikan kemampuan berkomunikasi secara verbal & non verbal dengan klien pada semua usia, anggota keluarga, masyarakat, kolega dan interdisiplin ilmu dengan memanfaatkan iptek tepat guna dalam asuhan kebidanan ibu dan anak serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dan memperhatikan aspek budaya.
- Pendidik (educator)
Setiap lulusan Program Studi DIV Bidan Pendidik harus memiliki sikap dan tata nilai sebagai berikut :- Mampu mengaplikasikan pendidikan kesehatan pada individu, keluarga, kelompok khusus dan masyarakat dengan memanfaatkan iptek tepat guna untuk meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak serta memiliki kemampuan preseptorship dan mentorship dalam rangka meningkatkan profesionalisme
- Pengelola (manager)
Setiap lulusan Program Studi DIV Bidan Pendidik harus memiliki sikap dan tata nilai sebagai berikut :- Mampu mengaplikasikan bidang pengelolaan pelayanan kebidanan berdasarkan fungsi managemen organisasi dalam pelayanan kebidanan dengan memanfaatkan iptek untuk menyelesaikan masalah manajerial pada pelayanan kebidanan primer, sekunder maupun tersier sesuai kondisi yang dihadapi.
- Peneliti (reseacher)
Setiap lulusan Program Studi DIV Bidan Pendidik harus memiliki sikap dan tata nilai sebagai berikut :- Mampu melakukan penelitian terapan dalam bidang kebidanan untuk menyelesaikan permasalahan dalam lingkup kebidanan serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi, sesuai dengan keahliannya.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN PROGRAM STUDI DIPLOMA IV BIDAN PENDIDIK
- Mampu menerapkan prinsip Etikolegal dan keselamatan pasien
- Mampumelakukan pengembangan diri dan profesionalisme berdasarkan Landasan ilmiah praktik kebidanan dan Ketrampilan klinis dalam praktik kebidanan
- Mampu mengaplikasikanmanajemen kepemimpinan dan kewirausahaan
- Mampu melakukanKomunikasi efektif
- Mampu melakukanPromosi kesehatan dan konseling
- Mampu mengaplikasikan manajemen dan kepemimpinan
- Mampu melakukan pengembangan diri dan profesionalisme sesuai dengan bidangnya